01/06/10

quote jawa

wah malam mulai beranjak. hujan lagi. jadi dingin. dan akhirnya aku putuskan untuk duduk di teras sambil mencari wangsit. hehe. saat mencari wangsit itu, aku menyadari bahwa ternyata aku orang jawa ( ampun baru sadar!!!!!hehe). namun ternyata. banyak yang tidak aku mengerti tentang jawa. banyak yang aku tidak paham tentang jawa. di sini aku pingin share aja pengetahuanku tentang quote atau wejangan dalam budaya jawa. jika ada teman yang membaca dan tahu lebih banyak, tolong dishare. agar bisa belajar bersama lebih baik lagi. 



aja rumangsa isa. nanging bisaa ngrumangsa. 
==jangan merasa bisa. tapi bisalah merasa ( sadar diri )


ojo sok gampang janji manis. yen to amung lamis
=jangan gampang menebar janji. jika hanya berujung kemunafikan / ingkar


golekana tapaking kontol nglayang
==kontol adalah jenis burung bangau. (jangan ngeres. hehe). artinya adalah pekerjaan yang sia - sia 


suwene kaya mijet wohing ranti
==melakukan pekerjaan yang sangat mudah / remeh 


ojo cedhak kebo gupak
==jauhilah hal - hal yang buruk. dalam bahasa indonesia menjadi ==> bermain api terbakar.  


mikul dhuwur mendhem jero
==yang baik junjunglah tinggi. yang buruk pendamlah yang dalam.  
salah satu quote yang paling aku senangi. dilantunkan saat ibuku menidurkan aku sewaktu kecil dulu. hehe 


sadumuk bathuk sanyari bumi
==hormatilah tempat di mana engkau berada 


becik ketitik ala ketara
==baik dan buruk pasti akan ketahuan pada akhirnya 


adigung adigang adiguna
==sombong. hanya mengandalkan kekuatan pribadi saja 


nguyahi segara
==melakukan pekerjaan yang sangat sia - sia 


semut ngadu gajah
==orang kecil / lemah menantang orang besar / berkuasa

demikian sedikit shareku. maaf kalau terjemahan atau arti bahasa indonesianya masih kacau. hehe. semoga bermanfaat.  

0 comments:

Posting Komentar