05/03/11

cara berhenti merokok

cara berhenti merokok sebenarnya memang sulit. banyak yang bilang bahwa berhenti merokok itu sangatlah sulit. memang demikian. saya seorang perokok berat. mulai kelas 3 SD saya sudah merokok. dan nggak kebayang gimana paru-paru saya sekarang ini dengan notabene saya sekarang sudah bekerja.



namun, berhenti merokok bukanlah hal sulit bagi saya. berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya sudah berhenti total dari merokok sampai 2 kali dari kondisi addicted to cigar banget. pas kuliah, saya berhenti merokok. namun karena keadaan (biasalah anak muda, ada masalah sama dosen, ortu, dsb.) saya merokok lagi. lalu 5 hari yang lalu saya berhenti lagi dari merokok. dan saya berniat untuk tetap tidak merokok selamanya lagi. hehehehe
saya ingin membagikan pengalaman dan tips untuk berhenti merokok. menurut saya, ini memang ampuh mengingat saya praktikkan sampai 2 kali dan berhasil semua. berikut tipsnya
1. niat
banyak yang bilang niat - niat gitu dalam solusi berhenti merokok. memang benar demikian. kita harus mempunyai niat. harus punya kemauan keras. niat ini bisa digunakan sebagai kekuatan yang sangat luar biasa untuk mengatasi keinginan untuk merokok.
2. tujuan
untuk lebih membantu bagaimana mewujudkan niat untuk tidak merook, buatlah suatu tujuan. sebagai contoh dari pengalaman saya yang pertama, saya berhenti merokok karena saya tidak ingin anak saya cacat atau sakit gara-gara rokok yang saya hisap.
3. acts
niat tanpa tindakan sama dengan bullshit. hehehe. yup. harus ada tindakan konkrit. apa saja tindakan konkrit itu ? ini dia jawabannya.
a. disiplin
disiplin di sini jangan dianggap ikut upacara tiap senen pagi ya.....(<
b. teknik menunda
disiplin susah ya?hmmmm.....pakai cara saya satu lagi ini. ini teknik yang saya bikin sendiri,original.hehehehe. teknik ini saya namakan menunda karena memang saya menunda keinginan untuk merokok. saya adalah seorang penunda (pemalas,red). jadi kalau saya bisa menunda tugas belajar saya, maka saya harus bisa menunda keinginan merokok saya. ketika saya ingin merokok, saya katakan pada diri saya sendiri "entar ya.....1 jam lagi deh. ntar 1 jam lagi dipuas-puasin ngerokoknya". setelah satu jam berlalu, bilang kaya gitu lagi. lama-lama juga nggak mau lagi deh. hehehe.
c. bikin reminder
nah ini bikin suatu ingatan atau catatan. misalnya, bikin catatan tentang bahaya merokok. tempel di tempat anda kerja atau pada tempat yang anda kunjungi tiap saat.
d. cari teman berjuang bareng
"nggak ada loe nggak rame!!" hehehe. cari teman juang untuk berhenti ngerokok. cara ini terbukti efektif karena orang yang sama-sama addicted to cigar punya perasaan yang sama dengan anda;perasaan bagaimana susah dan menderitanya berhenti merokok. dengan demikian, anda tidak akan merasa sendirian. dan niscaya anda merasa lebih kuat lagi untuk melawan godaan merokok. teman juang juga bisa sebagai reminder anda jika anda ingin merokok lagi dan begitu juga sebaliknya. jadi usaha anda akan menjadi lebih enteng karena dikerjakan bersama.
e. cari supporter
ini saya temukan kemaren. saya cerita kepada pacar saya kalau saya ingin berhenti merokok. dia mendukung sekali. dan ada suatu reward buat saya. kalau saya bisa bertahan merokok selama 1 bulan, maka saya boleh cium dia. hehehehe. kalau kaya gini kan lebih semangat.
well itu tips saya untuk melawan rokok. semoga bermanfaat dan semoga berhasil. :)

0 comments:

Posting Komentar