28/05/10

i'm the king of time

tugas menumpuk.
karya tulis di depan mata.
skripsi menjelang.
cucian segudang
pacar bete dicuekin

weleh. banyak banget permsalahanku dengan waktu. yang mana dulu yang harus aku selesaikan???mau nyelesaian yang mana? tapi semuanya penting.....harus diselesaikan. arrrrrrrrrrrggggggggggghhhhhhhhhh!!!!!!!


setiap orang pasti pernah mempunyai masalah dengan waktu. sebenarnya, masalah dengan pengolahan waktu. akupun juga pernah, dan malah, aku menulis artikel ini karena aku juga sedang dikuasai oleh waktu. banyak tugas dan kerjaan menumpuk. lalu aku iseng-iseng mencaari di situs pencari tentang management waktu. banyak referensi yang ada. nah di artikel ini, aku pingin share management waktu yang menururtku ampuh. dulu pernah aku praktekkan. dan berhasil. namun karena satu dan lain hal, management waktu ini aku tinggalkan demi kesenangan pribadi. hehe.

berikut ini tips untuk mengatur waktu temen-temen semua agar temen-temen tidak menjadi budak atas waktu tapi raja atas waktu.


  1. tentukan prioritas hidup anda
    prioritas merupakan bagian penting dari pengolahan waktu. prioritas itu seperti prinsip dasar yang harus dilakukan. nah dengan mengetahui prioritas hidup, kita dapat tahu mana yang harus dilakukan dan mana yang bisa dilakukan nanti ataupun mana yang tidak perlu dilakukan. contoh, aku seorang mahasiswa. maka aku tentukan bahwa prioritasku adalah belajar. itu prioritas utamaku. jadi akan ku jalankan hal hal yang mendukung prioritasku itu.
  2. tentukan target
    target itu seperti komponen penunjang prioritas. target itu hal - hal yang harus dilakukan atau seharusnya dilakukan agar prioritas kita berjalan sesuai rencana. contoh aku seorang mahasiswa, prioritasku belajar agar nilaiku bagus. maka aku tentukan target-targetnya. target-targetku, lancar berbahasa inggris, mengetahui teknologi informasi, mencatat setiap kuliah, membaca bahan kuliah sebelum kuliah berlangsung, dan sebagainya.
  3. list kegiatan-kegiatan yang ingin dilakukan
    setelah tahu semua target yang ingin dijalankan, baiknya kita menuliskan semua kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan. nah di sini aku ingin share aja satu bagan yang lumayan bagus buat mendaftar kegiatan kita sekaligus memasukkannya dalam rencana kita.


    dengan bagan itu, masukkan kegiatan yang ingin dilakukan. masukkan sesuai dengan kategori penting atau tidak dan mendesak atau tidak. tentu saja semua kegiatan yang berada pada kolom penting dan mendesak, harus segera dilakukan. sedangkan kegiatan tidak penting namun mendesak, bisa dilakukan setelah pekerjaan penting dan mendesak dilakukan. teruslah memakai dan berkegiatan sesuai jadwal anda dan usahakan kegiatan anda berada pada kolom penting namun tidak mendesak.
  4. bersikap tegas pada diri sendiri
    ini adalah yang paling sulit dilaksanakan. hehe. kebanyakan dari kita dan aku sendiri ngrasain itu ialah nggak tegas dan disiplin pada diri sendiri. jujur aja, aku dah tahu apa yang harus dilakukan. namun ketika ketemu sama yang namanya seneng atau males, kegiatan yang penting-penting jadi nomor sekian. hehe. so, marahi diri kita saat kita berpaling dari kegiatan penting. tegaslah!!
  5. look around. be flexible
    prioritas, target dan kegiatan kegiatan yang penting penting memang akan membuat hidup kita menjadi lebih teratur. tapi ingat, jangan fanatik. selalu lihat keadaan sekitar. lihat perubahan yang ada. jangan tertutup pada dunia kita sendiri. jangan sampai dibilang autis seperti aku. hehe. dan lihat semua kemungkinan. contoh saja aku seorang mahasiswa. prioritasku belajar,mempunyai nilai yang bagus. namun jangan sampai menjadi terkungkung dalam prioritas itu saja. masak kalo ada yang kecelakaan di depan rumah, dan aku tahu itu, bakal aku biarkan orang yang kecelakaan itu karena lagi belajar?????hehehe. be flexible.


yah demikian shareku tentang manajemen waktu. masih belajar juga si aku biar bisa ngatur waktu. hehehe. tapi kan lebih enak kalo ada temen belajar juga. jadi temen-temen yang masih kacau menejemen waktunya, ayo belajar bareng. nanti share juga pengalaman temen-temen di komen list bawah ni. hehe.

1 comments:

cosmas sakti wijaya adi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar